Senin, 30 Juni 2014

Majelis Rasulullah SAW


Ceramah Al habib Ahmad bin Novel Bin Salim bin Jindan
Di Masjid Al Munawar – Pancoran
Senin, 28 April 2014



الحمد لله والصلاة والسلام على سيدنا رسول الله محمد ابن عبد الله وعلى آله وصحبه ومن والاه
أما بعد الحمد لله
Hadirin yang dimuliakan Allah SWT, udah lama kita gak membahas siwak, gimana kabar siwaknya kita? Sudah diganti belum tuh rokok dengan siwaknya? Ya Allah mudah-mudahan Allah kasih taufiq bakal kita sekalian. Terus tuh rokok yang sering dikantongnya sudah diganti ama siwak ama pulpen belum? Atau kemana-mana cuma handphone aja yang ada dikantong kita? Buku tulis, pulpen? Sudah lama gak dibawa, emang habibnya sudah lama gak nyebut-nyebut itu lagi, kan? Ya Rabb mudah-mudahan yang bawa pulpen yang bawa buku tulis mudah-mudahan dijadiin ama Allah sebagai ulama 'amilin yang diridhoi Allah SWT, yang belum insyaallah semuanya dikasih taufiq dibimbing oleh Allah SWT.
Hadirin yang dimulikakan Allah SWT, kita udah dengar apa yang disampaikan oleh alhabib Mukhdor wa habib Abdurahman Baasyurah wa kiyai Izad yang mudah-mudahan membawa manfaat bakal kita sekalian. Barusan disampaikan oleh kiyai Izat hubungan beliau dengan saya, hubungan kakek beliau dengan saya punya kakek dengan juga abahnya habib Hud habib Bagir bin Abdullah bin Salim Al Attas memiliki hubungan yang erat. Dan begini saya kasih tau hadirin yang dimuliakan Allah, persaudaraan kalau terjalin karena Allah engga bakal bisa dipisahkan oleh kematian, terus bakal tersambung sampai akhir kiamat, tuh janji dari nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam. Mereka kakek beliau dan saya punya kakek sudah meninggal dunia, tapi apakah terputus persaudaraan sepeninggal mereka? Tidak, wallah, engga bakal terputus ente liat sendiri depan mata masih terus menyambung dan terus tersambung sampai akhir kiamat. Kalau kita mau jalin persaudaraan, jalin persaudaraan karena Allah bukan karena duit, bukan karena pekerjaan, bukan karena dunia, dunia hina engga ada artinya, dari namanya aja sudah menandakan kehinaan. Tau artinya dunia? Dunia tuh kalau diambil dari bahasa arab دناعة artinya hina. Namanya aja sudah menandakan tentang apa artinya dia. Apa yang musti kita cari? Apa yang musti kita bawa? Duit yang banyak? Pernah liat orang yang paling kaya kuburannya dituang pake duit? Apa dituang pake tanah? Pake tanah. Orang kalau sudah sekarat depan matanya malaikat izrail kira-kira bakal mikirin partainya lagi gak? Bakal pikirin jumlah suaranya lagi engga? Tuh artinya dunia gak ada artinya, jabatan yang dikejar-kejar gak ada artinya sama sekali. Kira-kira kita diwaktu sekarat yang bakal kita liat apa?
رب ارجعون لعلي أعمل صالحا فيما ترك
kita bakal bilang " Ya Rabb balikin kita kedunia lagi, pengen beramal sholeh lagiكلا انَها كلمة هو قائمها Kata Allah; Engga ada, gak bakal bisa balik lagi kalau sudah sampai saatnya engga bisa dimundurin engga bisa dimajuin, udah gak bisa balik lagi, ومن وراء برزخ ليوم يبعثون dan setelah itu barzah alam kubur sampai mereka dibangkitkan nanti oleh Allah. mudah-mudahan mumpung kita masih hidup terus kita inget sama Allah SWT, ini hidup sementara, engga ada yang bisa jamin ampe rumah entar malam, ya Rabb mudah-mudahan Allah kasih panjang umur bakal kita, cuma yang sesaat dari hidup kita...kita manfaatin dengan sebaik-baiknya.
Hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT, bentar lagi kita bakal masukin bulan suci Rajab, bulan yang agung, bulan yang mulia disisi Allah SWT. Ringkes aja, bulan Rajab tuh kalau sudah mau dateng nabi Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam seneng banget, terus selalu do'a sama Allah. tau do'anya apa? Kalau sudah masuk bulan Rajab nabi selalu berdo'a;
اللهم باركلنا في رجب وشعبا وبلغنا رمضان وعنا على الصيام والقيام
Ya Allah kasih berkah bakal saya dibulan Rajab dan bulan Sya'ban, dan panjangkan usia saya biar saya bisa dapetin bulan Ramadhan. Tuh do'anya nabi. Ana ente kita semuanya yang ada disini pada minta umur panjang ama Allah Ta'ala, mudah-mudahan Allah kasih panjang umur bakal kita semua, cuma kita minta panjang umur mau ngapain? Bakal apa? Yang ini bib belum kawin bib minta panjang umur ama Allah biar bisa kawin dulu, ada yang saya incer bib. Ada lagi bib, entar dulu bib tuh karir saya belum sukses saya lagi ngejar karir saya mau panjang umur. Satu lagi bib mau panjang umur, ni sayang rumah lagi dibangun lima miliyar trus kalau saya mati kan gak enak. Macem-macem orang, tapi liat nabi minta panjang umur bakal apa? AnNabi Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam minta panjang umur sama Allah supaya dapetin bulan suci Ramadhan. Tuh nabi minta panjang umur sama Allah biar dapetin bulan Ramadhan, emang ada apa dibulan Ramadhan? Duit bagi-bagi? Kagak. Bulan Ramadhan bulan anugrah dari Allah, bulan karunia Allah, bulan diturunkannya rahmat Allah, bulan Al Qur'an bukan bulannya sinetron, bulan Al Qur'an bukan bulan televisi, bulan Al Qur'an bukan bulannya kuis, bulannya Al Qur'an bulannya puasa bulannya ibadah sama Allah. tuh nabi minta panjang umur sama Allah tuh bakal itu, nah kita kalau minta panjang umur sama Allah minta panjang umur untuk itu biar kita bisa amal sholeh. Guru kami almarhum alhabib Abdurahman bin Ahmad AsSeggaf bukit duri waktu masih hidup saya dateng satu kali saya sama habib Jindan ziaroh kesana berkunjung minta do'a, beliau dengan tawadlunya yang luar biasa, ilmu beliau siapa yang kagak kenal, hampir seluruh ulama kiayi yang ada di kota Jakarta ini merupakan salah satu murid daripada beliau. Dengan kerendahan hatinya beliau bilang Kalian yang do'akan saya, saya bilang habib engkau ayah kami, engkau yang doakan saya bukan saya bukan kita, terus habib Abdurahman bilang do'ain saya biar panjang umur tuh waktu usianya hampir sembilan puluh lebih, panjang umur mau ngapain lagi bib? Panjang umur biar saya bisa ngajar lagi, masyaallah udah sembilan puluh taun lebih masih minta panjang umur lagi sama Allah biar saya ngajar bisa ngasih manfaat bakal orang, beliau bilang, masyaallah. Tuh tujuan umur panjang, makanya nabi Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam bilang dalam haditsnya:
خيركم خيركم من طال عمره وحسن عمله
Yang paling baik diantara kalian bukan yang banyak duitnya, bukan Yang tinggi kedudukannya, bukan.. bukan. Tadi kita dengar ما الفقر أخشى عليكم kita ditakut-takutin "awas kemiskinan", "awas kelaparan" padahal nabi sudah ngasih tau bakal kita ما الفقر أخشى عليكم bukan kemiskinan yang saya takutkan, emangnnya nabi engga tau ditengah-tengah umatnya banyak orang miskin? Tau nabi. Bukan itu yang nabi khawatirkan, cuma nih kita pola pikir kita sudah dirusak oleh orang-orang barat dan seakan-akan ni suara dateng dari orang islam juga. Dibikin takut sama kemiskinan, padahal nabi bilang, ما الفقر أخشى عليكم saya tidak takut kalian ini miskin, bukan itu yang saya khawatirkan, apa yang Rasulullah Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam khawatirkan? Yang saya khawatirkan setelah saya adalah kalau dunia datang kepada kalian. Dunia kalau sudah datang kepada kalian rusak hadza Imamul Haddad bilang:
وازهد بقـــلبك في الــدار التي فتنت طوائفـــا فرأوها غــايت الطلب
تنـافســــوها وأعـطــوهــــاقــوالبهم مع القــــلوب فيا لله من عجب
وهي التي صغرت قـدراوما وزنت عند الإله جناحا فالحريص غبي
Imamul Haddad bilang dalam ucapannya: bersiin kalian punya hati dari kecintaan kepada dunia, yang mana dunia sudah merusak pemikiran sebagian besar kaum muslimin sehingga mereka menggap dunia adalah puncak segala harapan. Padahal dunia dimata Allah engga ada harganya lebih hina dimata Allah engga lebih dari sebelah sayap nyamuk dimata manusia. Dirumah kita lagi musim nyamuk abis kita semprot kita kumpulin ada kita timbang tuh nyamuk? Diamankan dilemari besi? disapuin juga belum tentu, disapuin juga karena kotor tuh kamar, engga ada harganya tuh nyamuk depan mata kita tuh dunia, nabi bilang:
لو كانت الدنيا تعدل عند الله جنح بعوضة ما سقى كافرا منها شربة ماء
Kalau dunia masih ada harganya dimata Allah lebih berharga seperti sayap nyamuk dimata manusia, kalau masih harganya, walaupun semacam ini seperti harganya sayap nyamuk dimata manusia, ada yang ngehargain sayap nyamuk? Kagak ada. Kalau pun memang dunia ada harganya walaupun demikian engga bakalan dikasih orang kafir walaupun cuma seteguk air ni dunia bakal dikasihin buat hamba-hamba yang dicintai Allah, tapi karena tuh dunia yang gak ada artinya, hina, makanya dibagi-bagi sama Allah untuk semua orang. Bersihin kita punya hati dari kecintaan dan hinanya dunia. Minta sama Allah biar kita dikasih panjang umur biar kita bisa beramal sholeh beramal yang diridhoi Allah SWT. Dan ini bulan yang bakal masuk bulan Rajab, Sya'ban wa Ramadhan bulan musim-musim kebaikan, jangan kita sia-siakan. Orang punya iman betul-betul nyari ini bulan, tapi orang yang lemah imannya engga peduli, Rajab Sya'ban, Ramadhan, kagak tau kali urutannya, kita musti tau malu, yang kita tau bulan februari doang, toyyib. Rajab, Sya'ban, Ramadhan kita tidak tau? Natalan kita tahu bulan apa? Toyyib Rajab, Sya'ban, Ramadhan ini bulan yang sangat mulia dimata Allah, malam pertama aja tuh dosa diampunin ama Allah, cuma waktu turunnya pengampunan dari Allah jangan dapetin kita lagi maksiat ya! Jangan Allah dapetin kita lagi maksiat! Biar Allah dapetin kita lagi ngangkat tangan kita sama Allah. berusaha seperti itu, saya mau tanya malam satu rajab kapan emang? Hari kamis hari satu rajab. Malam satu rajab kapan? Malam kamis, malam berkah dijabahnya do'a sama Allah, itu sampai nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam berabda;
خمس ليال لا ترد فيهن دعوة: ـ أول ليلة رجب
Ada lima malam do'a tidak ditolak sama Allah, kontan diqobul sama Allah. apa itu? yang pertama malam pertama dari bulan Rajab, yang kedua malam Nisfu Sya'ban, terus yang ketiga malam Jum'at, yang ke empat dan yang kelima dua malam ied ( malam idul fitri dan malam idul adha). Terus dibulan Rajab ada malam ke dua puluh tujuh Rajab malamnya isra mi'raznya nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam, dan tahu engga malam dua puluh tujuh Rajab tuh hari apa? Hari dimana Shalahuddin Al Ayubi berhasil mensucikan baitul Maqdis dari tangan-tangan mereka orang-orang kafir. Kemenangan diraih oleh sholahuddin Al Ayubi pada tuh tanggal dua puluh tujuh Rajab, Ya Rabb mudah-mudahan harapan kita dikabulkan oleh Allah SWT. Mudah-mudahan Baitul maqdis disucikan oleh Allah, mudah-mudahan saudara-saudara kita diberikan pertolongan oleh Allah SWT, cuma kita jangan jadi penyebab kehancuran umat! jangan jadi penyebab kehancuran umat! kadang kita gak sadar maksiat yang kita bikin, kita nikmatin tuh maksiat tapi kasian saudara kita yang lain ditimpa bala oleh Allah gara-gara maksiat yang kita bikin dia ketimpa bala akibat maksiat yang kita bikin. Ya Rabb mudah-mudahan Allah tuliskan bakal kita taubat nasuha, bulan Rajab bulan taubat, bulan istigfar sama Allah SWT. Awal rajab yang bisa puasa biar puasa pahalanya gede juga didalam beberapa riwayat Al Imam AsSuyuti didalam tafsirnya beliau juga mengutip dari beberapa haditsnya nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam tentang puasa dibulan Rajab, pahalanya banyak diantaranya Al imam AtTabrani didalamمعجة الأوصاط beliau membawakan suatu hadist yang diriwayatkan dari sayidina Annas ibn Malik radhiallahu ardlo dari Rasulullah Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam:
من صام من شهر الحرام الخميس والجمعة والسبت كتب الله له عبادة سنتين
Orang yang puasa dibulan-bulan suci, apa tuh bulan-bulan suci? Ada empat; Bulan Rajab bulan Dzulqodah, bulan Dzulhijah dan bulan Muharam, nah kita bentar lagi dibulan rajabnya. Barang siapa yang puasa disalah satu daripada empat bulan yang suci tersebut pada hari Kamis, Jum'at, Sabtu berturut-turut maka ditulis baginya pahala ibadah selama dua tahun . masyaallah. Tiga hari ente pusa pahalanya ditulis ibadah selama dua tahun. masyaallah, ada disini yang bisa ngabisin umurnya selama dua tahun untuk ibadah? Engga ada. Ente bisa dapetin tuh pahala dua tahun tuh pahala dengan puasa tida hari sebagaimana yang disabdakan oleh nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam. Kebetulan hari kamisnya kita nih hari tanggal satu rajabnya sudah bisa puasa awal rajab pahalanya gede begitu pula hari kamisnya seperti yang saya sebutkan disambung sama jum'at disambung sama sabtu, ulama bilang sebagai mana Al Imam ibn hajar juga membawakan riwayat yang bersambung sanadnya kepada nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam, bahwasanya kita dianjurkan untuk baca istigfar tiap pagi dan tiap malam dengan mengangkat kedua tangan kita:
رب اغفرلي وارحمني وتب علي رب اغفرلي وارحمني وتب علي
Ya Allah ampuni saya berikan rahmat kepada saya dan kabulkan taubat saya tuh baca istigfar itu sebanyak tujuh puluh kali, orang yang bikin seperti ini rutin selama bulan Rajab, insyallah engga bakalan dibakar sama Allah didalam api nereka. Jalanin nih tujuh puluh, seperti yang saya bilang mudah ente nulis karakter sms aja seratus tujuh puluh karakter sms, nih cuma tujuh puluh. Pahalanya besar disisi Allah, biasain pagi tujuh puluh malam tujuh puluh, abis shalat subuh baca tuh tujuh puluh, abis magrib atau abis isa baca juga tujuh puluh. Jangan dengerin orang lain, beberapa orang engga punya dosa kali ya? Jangan bid'ah.!! Kita banyak dosa. Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam bilang dalam haditsnya pada istigfar sama Allah, dalam haditsnya فإني أستغفر كل يوم مائة مرة sesungguhnya saya minta ampun sama Allah sampai seratus kali. Dosa apa? cuma ni manusia yang bilang bid'ah bersih dari dosa, nabi Muhammad tiap hari seratus kali beristigfar sampai رب اغفرلي وارحمني وتب علي
seperti itu, itu lain dari wiridnya beliau, kadang disela-sela duduknya beliau selalu selipakan dengan istigfar. Sampai beberapa sahabat yang perhatian dalam hal ini mereka hitung istigfarnya nabi Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam sehingga kadang sekali duduknya nabi beristigfar sebanyak tujuh puluh kali sampai seratus kali nabi ngucapin istigfar. Dosa apa? Mustinya kita yang kayak begitu ,banyak beristigfar, kita abisin seluru waktu kita bakal istigfar kita aja belum tentu bisa nebus dosa-dosanya kita. Sayidatina Rabiatul Adawiyah bilang
إستغفارنا يحتج إلى الإستغفار
Istigfarnya kita tuh aja perlu untuk diistigfarkan lagi, kita Ya Rabb ampuni saya....dipikiran kita ini masih ada maksiat yang belum kita kerjai, istigfarnya kita ni dibenaknya kita masih ada maksiat yang belum dikerjain, makanya Rabiatul Adawiyah bilang istigfarnya kita masih perlu diistigfarkan lagi. Ya Rabb, mudah-mudahan kita punya tuhan gak ada duanya asal kita dateng sungguh, diampunin tuh dosa. Dalam beberapa riwayat ada satu hamba minta ampun sama Allah diampuni, ampe Allah bilang:
علم عبدي أن ظنّ ربا يغر الذات
hambaku tau ya kalau dia punya Tuhan yang mengmpuni dosa. Seneng Allah kalau dapetin hambanya minta ampun. Ini bulan Rajab bulan ampunan Allah.ini beberapa amalan pengen saya sebutkan puasa yang banyak khususnya puasa kamis, jum'at, sabtu. Terus puasa diawal rajab terus baca istigfar yang saya ingin sampaikan, terus ada beberapa istigfar yang lainnya ada Al imam Al hasan ibna al habib Abdullah bin Alwy Al haddad merangkum beberapa istigfar antum kalau beli kitab namanya Kanzunajah wa surur disebut, sebagai mana juga saya sebutkan didalam beberapa tulisan saya istigfar-istigfar tersebut menjadi suatu lembaran mudah-mudahan bisa baca bawa manfaat bakal kita sekalian. Ada istigfar dan puasa kemudian juga dibulan Rajab persiapan bakal kita menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan. Nabi Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam juga begitu kalau sudah masuk bulan rajab nabi persiapkan untuk bulan Ramadhan. Ulama juga bilang:
رجب للزرع وشعبان للسقياع ورمضان للحصاد
bulan Rajab tuh bulan bakal naro bibit, bulan Sya'ban bulan bakal pengairan, bulan Ramadhan bulan panennya. Ente naro bibit apa sekarang? Ramadhan itu yang ente panen. Ente taro bibit istigfar entarbulan sya'ban ente siramin dengan shalawat kepada Nabi Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam entar Ramadhan ente bakal dapetin pengampunan dari Allah. tapi kalau rajab ente tanam maksiat, nauzubillah syaban dateng engga dapet pengampunan, Ramadhan dateng lebaran dia takbir Allahu Akbar tapi dia gak dapetin apa-apa hanya jauh dari Allah SWT. Mudah-mudahan Allah ampunin dosa-dosa kita wa terakhir saya mau bilang kita kehilangan salah satu orang tua kita yang biasa hadir bersama-sama kita ditengah-tengah kita yaitu Al habib Ahmad bin salim Alhaddad beberapa waktu lalu beliau meninggal dunia muddah-mudahan derajat beliau diangkat oleh Allah SWT, setelah ini kita minta Al habib hud bin Muhammad Al baqir untuk membacakan tahlil dan mudah-mudahan Allah mengampuni almarhum. Terus juga untuk kaum perempuan besok hari selasa seperti biasa hadroh basaudan yang kebetulan kalau sudah masuk Rajab ini diadakan keliling dimakam-makam para Auliya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar